Sistem Informasi Pelayanan Kepegawaian (SIMPEG) merupakan sebuah Sistem Informasi yang dirancang sebagai solusi untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan kepegawaian mulai dari penyimpanan, pemusatan data secara terkomputerisasi, hingga menangani berbagai macam laporan yang berhubungan dengan kepegawaian yang dapat memudahkan PNS untuk meningkatkan kebutuhan Administrasi Kepegawaian

Kamis, 10 Oktober 2019, Badan Kepegawaian Daerah Prov. Sulbar selaku OPD yang bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi SIMPEG melaksanakan Rekonsiliasi Data Simpeg di Hotel Sajojo Kab. Mamasa. Peserta merupakan Operator Kepegawaian dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemprov Sulbar dan Operator Kepegawaian SMAN/SMKN se- Kab. Mamasa.

Acara yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut, dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Sulbar Bapak H. ZULKIFLI MANGGAZALI yang didampingi oleh MUHAMMAD HISYAM SAID (Kabid. Formasi dan Pengembangan Pegawai BKD Prov Sulbar). Dalam sambutannya Kepala BKD menyampaikan bahwa pentingnya data yang akurat agar dapat membantu para pengelolaan kepegawaian dan pimpinan dalam mengambil sebuah keputusan. Beliau mengajak Petugas pengelola kepegawaian agar selalu mengupdate data PNS yang ada pada OPD nya masing-masing  dan melakukan rekonsiliasi data. Lanjut kepala BKD menghimbau apabila masih terdapat permintaan berkas kepegawaian, sampaikan ke Bkd Prov. Sulbar terkhusus pada Bidang Informasi dan Pengelolaan Data Kepegawaian.

Dalam pelaksanaan Rekonsiliasi Data Simpeg,  AKZAN AHMAD (Kasubid Pengolahan Data Pegawai) menjelaskan “bahwasanya BKD Prov. Sulbar telah berupaya untuk selalu melakukan update data untuk setiap PNS yang ada di Pemprov Sulbar. Namun BKD tetap meminta partisipasi dari Operator OPD dan Operator Kepegawaian SMAN/SMKN dalam rangka memperoleh data yang lebih akurat”. Pelaksanaan Rekonsiliasi data, para Operator kembali diingatkan bagaimana cara penggunaan aplikasi dan bagaimana cara melakukan perubahan data PNS pada aplikasi SIMPEG.

Melalui moment ini pula MUHAMMAD HISYAM SAID (Kabid. Formasi dan Pengembangan Pegawai BKD Provinsi Sulbar) menyampaikan “kedepan ada beberapa bentuk layanan yang akan membantu mempermudah pekerjaan dan informasi bagi pengelola kepegawaian terutama kepada PNS di lingkup Pemprov Sulawesi Barat yang berkaitan dengan layanan kepegawaian, yang antara lain: Klinik Informasi Kepegawaian (KLIK), Layanan Kartu Identitas Pegawai (KARIP), Manajemen Perpindahan Pegawai (MAPIA), Sistem Informasi Pengawasan Kehadiran asn (sipeke’dean). Dimana semua layanan tersebut sifatnya aplikasi yang tentunya telah mengarahkan kita kepada penerapan teknologi informasi”.  (radja)

FacebookTwitterVimeoShare to Stumble UponMore...