Pengambilan Data Pegawai 100% Bukan PROPER

Mamuju-Selama beberapa bulan terakhir, bahkan mungkin sampai sekarang. OPD disibukkan dengan permintaan data yang dilakukan oleh BKD, mulai dari softcopy bahkan hardcopy. Dengan data ini, segala hak kepegawaian ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dapat diproses tanpa menyerahkan berkas lagi. Hal ini disampaikan oleh H. DARWIN SALEH, S.Pd selaku kepala Bidang Pengolahan data dan informasi Badan Kepegawaian Daerah Prov. Sulawesi Barat , Senin 27 November 2017 di temui diruang kerjanya.

Ketika ditanya mengenai perkembangan pengumpulan data, Darwin mengatakan “Alhamdulillah, Setiap hari ada perkembangan pemasukan data. Hanya memang sekarang masih terdapat OPD yang belum menyetorkan, tapi juga sudah ada yang seratus persen”. Tujuan dilakukannya pengambilan data ini adalah untuk melengkapi dokumen arsip pegawai. Harapannya dalam pemenuhan hak pegawai seperti kenaikan pangkat, pengembangan karier bahkan satyalancana, bisa langsung dipenuhi dengan cepat tanpa meminta berkas lagi kepada pegawai bersangkutan. Kekurangan berkas dalam prosesnya nanti, akan dilengkapi dengan hanya mengambil data yang telah disetorkan.

Darwin menambahkan, “kedepannya pihak BKD berencana memanjakan pegawai dalam pemenuhan haknya”. Pegawai tidak perlu lagi repot mengurus berkas, semua hak kepegawaian baik itu kenaikan pangkat maupun yang lain dapat langsung diterima. Ketika ditanya terkait sanksi apa yang diterima pegawai ketika tidak melakukan penyetoran data, Darwin menjelaskan “Secara tidak langsung pegawai tersebut akan terhambat dalam pemenuhan hak kepegawaiannya”.

Darwin menjelaskan bahwa keterlambatan pengumpulan data oleh OPD, disebabkan kesibukan masing-masing pegawai. Namun begitu, nantinya pihak BKD akan turun ke OPD guna meminta penjelasan terkait keterlambatan pengumpulan data tambah Darwin.

Terkait rumor yang berkembang jika pengumpulan data pegawai identik dengan Proyek Perubahan, Darwin membantah hal tersebut “pengumpulan data ini, 100% tidak ada hubungannya dengan Proyek Perubahan. Pengumpulan data ini, semata-mata untuk kepentingan pegawai itu sendiri”. Darwin mengakui bahwa permintaan data ini telah dilakukan sejak tahun lalu, namun data yang terkumpul hanyalah sebahagian kecil saja. “Tahun ini kita memaksimalkan pengumpulan data pegawai, sehingga dibutuhkan data softcopy dan hardcopy”. Darwin menghimbau kepada seluruh pegawai/ ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk segera mengumpulkan data ataupun melengkapinya, mengingat pentingnya data ini terhadap pegawai itu sendiri.(Amy Akram)

Leave a Reply

Your email address will not be published.